Selasa, 17 Juli 2012

Penilaian Indikator Kinerja Guru Dimensi Tugas Utama II

Guru yang mengajar di depan kelas ketika memulai pembelajaran maka pertama yang harus dilakukan pada kegiatan ini adalah memulai pembelajaran dengan efektif yang diantaranya melakukan apersepsi, menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dalam rencana kegiatan.

Dalam pembelajaran guru juga dituntut menguasai materi pembelajaran. Dalam hal ini kemampuan menyesuaikan materi dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Kemampuan mengaitkan materi pengetahuan lain yang relevan dengan perkembangan IPTEK dan juga kehidupan nyata. Tingkat ketepatan pembahasan dengan materi pembelajaran juga menjadi tanggung jawab guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelasnya. disamping juga harus mampu menyajikan materi secara sistemmatis dari mudah ke yang paling sulit.

Pembelajaran yang berlangsung juga harus menerapkan pendekatan/ strategi pembelajarn yang efektif. artinya melaksanakan pembelajaran  sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai, melaksanakan pembelajaran secara runtut dan dituntut menguasai kelas. guru juga harus melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual serta yang memungkinkan menumbuhkan pada siswa kebiasaan positif ( naturant effect ), dan jangan lupa bahwa pembelajaran di kelas juga dibatasi oleh waktu, sehingga pengaturan waktu sangat penting.

Penggunaan sumber belajar juga menjadi perhatian apakah guru menggunakan media pembelajaran sesuai dengan tujuan yang akan dicapai serta melibatkan siswa dalam penggunaannya atau tidak.

hal lain adalah keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran yang menimbuhkan sikap aktif serta hubungan yang harmonis anatara guru dan siswa dalam belajar sehingga tercipta hubungan yang kondusif. Bahasa yang digunakan guru juga berpengarus pada siswa, gaya bahasa dan juga bahasa tulis yang diterapkan di papan tulis, atau juga buku lembar kerja siswa yang digunakan sesuai atau tidak akan berpengaruh juga.

Akhirnya dalam mengakhiri pembelajaran apakah guru melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa atau tidak, melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan atai kegiatan atau tugas sebagai bagian remidi atau pengayaan.

semua itu sangat mempengaruhi hasil yang ingin dicapai sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan oleh guru yang bersangkutan.




Lihat Videonya  DISINI